Pentingnya Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Hadirin wal hadirat rohimakumullah

Kebanyakan anak muda jaman sekarang selalu melawan,selalu memberikan kata-kata yang kasar untuk kedua orang tua , kita sebagai anak haruslah berbakti kepada kedua orang tua . Karena kedua orang tua sudah sangat berkorban hanya demi anak-anaknya beliau tidak pernah memikirkan dirinya sendiri sebelum beliau melihat anak-anaknya tidak merasa kekurangan dalam hal apapun seperti makanan,pakaian,dan tempat tinggal.maka janganlah pernah menyakiti kedua orang tua kita karena itu adalah termasuk dosa yang sangat besar.

Ada yang tau kenapa menyakiti kedua orang tua termasuk dosa yang besar?karena kedua orang tua sangatlah penting bagi kita semua karena jika kedua orang tua kita sudah murka allah swt maka akan murka pula pada kita.

Sebagaimana hadisnya.

رِضَى الرَّبِّ فِي رِضَى الوَالِدِ، وَسَخَطُ الرَّبِّ فِي سَخَطِ الْوَالِدِ

Artinya: keridhan allah tergantung keridhan kedua orang tua, kemurkaan allah tergantung kemurkaan kedua orang tua.

Hadirin wal hadirat rohimakumullah

Agar kita mendapat keridhan allah bukan malah murka allah maka kita harus mengerjakan hal-hal yang disukai oleh allah swt. Seperti sholat tepat waktu,berbakti kepada kedua orang tua,jihad dijalan allah.

Sebagaimana hadisnya

عن عبد ا لله بن مسعو د ر ضي ا لله عنه قا ل ا ي عمل ا حب ا لي ا لله، قا ل : ا لصلا ة علي و قتها قلت ثم ا ى؟ قا ل: بر ا لو ا لد ىن ، قلت ثم ا ي؟ ا لجها د في سبيل ا لله (متفق عليه)

“Dari Abdullah bin mas’ud ra. Ia bertanya : Apakah amal yang paling dicintai oleh allah? Nabi menjawab : sholat tepat waktu, lalu aku (Ibnu mas’ud bertanya): kemudian amal apa lagi ? Beliau menjawab : berbakti kepada kedua ibu bapak.  Aku bertanya lagi : selanjutnya apa lagi ?  Beliau menjawab : jihad di jalan allah.”

baca juga ==>Ceramah : Pentingnya Shalat

Hadirin wal hadirat rohimakumullah

Diatas sudah dijelaskan bahwa 3 perkara itu yang harus kita lakukan bagi umat islam jika ingin ridho allah swt. Maka salah satu yang kita lakukan seperti berbakti kepada kedua orang tua, ingatlah didunia ini yang pertama harus kita ta’ati ialah allah swt dan yang kedua ialah kedua orang tua . lihatlah betapa pentingnya perang kedua orang tua dalam hidup kita maka berhati-hati lah jika berbicara kepada kedua orang tua kita jangan sampai kita mengatakan kepada kedua orang orang tua kita dengan perkataan yang menyakitkan , kasar, walaupun hanya kata “AH”.

Sebagai mana firman allah swt.

(فلا تقل لهما ا ف و لا تنحر هما و قل لهما قو لا كر يما)

Artinya : janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ AH” dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Hadirin wal hadirat rohimakumullah

Kalian tahu seberapa besar pengorbanan kedua orang tua kita dalam kehidupan kita.Pertama pengorbanan seorang ibu sangat besar karena beliau yang mengandung kita selama 9 bulan kemudian melahirkan kita kedunia ini sampai-sampai nyawa beliau terancam,sedangkan pengorbanan seorang ayah dari hari ke hari beliau selalu mencari kerja untu apa? Untuk menafkahi keluarganya terutama anak-anaknya beliau tidak ingin melihat istri dan anaknya merasa kekurangan . Tetapi dengan sepelehnya kita berkata kepada keduanya dengan kata AH kalian tahu kata AH saja sudah sangat menyakiti kedua orang tua kita

Ada sebuah kisah

Jika seorang anak jatuh dari sumur apakah kalian tahu apa yang dilakukan kedua orang tuanya ? beliau tidak pernah memikirkan dirinya sendiri meskipun nyawa beliau terancam beliau tidah peduli semua itu, mereka hanya memikirkankeselamatan ananya,jika sebaliknya orang tua kita yang jatuh dari sumur, apakah kita  sebagai anak langsung menolongnya? TIDAK, kita pasti pusing mencari tangga untuk menyelamatkan kedua orang tua kita.

Lihatlah perbandingan pengorbanan kedua orang tua dengan anaknya. Pengorbanan anaknya itu tidak ada apa-apanya dibanding dengan pengorbanan kedua orang tua.

Hadirin wal hadirat rohimakumullah

Jadi kesimpulannya marilah kita menjaga kedua orang tua kita selagi masih ada bersama kita,tetapi jika sudah tidak mempunyai  orang tua kalian masih bisa berbakti kepadanya dengan cara mendoakannya,meminta ampun kepada allah atas segala kesalahan kedua orang tua. Kita harus taat kepada kedua orang tua agar kita mendapatkan keridhan allah swt, karena keridhan allah tergantung keridhan kedua orang tua.Marilah kita menjaga nama baik kedua orang tua kita ,jangan malah sebaliknya.

Ada sebuah contoh

Seorang ibu bapak dan anaknya, anaknya seorang pencuri, kemudian anaknya ketahuan mencuri dirumah tetangga kemudian tetangganya menyalahkan kedua orang tuanya mereka berkata orang tua macam apa kalian itu, dasar orang tua engak berguna gitu aja enggak becus engurus anak sendiri, kalian tahu bagaimana perasaan kedua orang tua kita? Beliau merasa sesak,sakit,kecewa, dan merasa gagal dalam membimbing kita semua kalian mau lihat kedua orang tua kita dihina-hina hanya gara-gara kita, jika kalian senang melihat kedua orang tua kita dihina-hina maka kalian termasuk anak yang durhaka kepada kedua orang tua tetapi insyaallah kita semua tidak termasuk anak-anak yang durhaka kepada kedua orang tua kita  . AMIN  YAROBBAL ALAMIN

 

240 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *