DALIL, TATA CARA DAN KEUTAMAAN BERPUASA ENAM HARI PADA BULAN SYAWAL

Sebagian orang biasa mengerjakan ibadah sunnah puasa 6 hari setelah puasa wajib ramadhan yang di sebut dengan Puasa Syawal. Mereka meyakini puasa sunah ini memiliki faedah dan keutamaan, tanpa mau tau dasarnya apa, dalil hadisnya seperti apa, yang mereka ketahui apa yang mereka lakukan itu seruan dari orang-orang terdahulu.

Tapi, sebagaian orang ada yang mengabaikan puasa sunah ini karena ketidak tauan akan faedah dan keutamaannya, bahkan ada juga yang sudah tau hikmah dan faedahnya namun merasa tidak yakin dengan kesunahannya karena dalih dalil dan hadis.

Maka dari itu kami ingin berbagai tentang hadist yang merupakan dalil di syari’atkannya puasa sunnah syawwal ini. Semoga menambah wawasan dan keyakinan serta semangat didalam melaksanakan puasa sunnah syawal ini. Berikut dalil, tata cara dan keutamaan berpuasa enam hari pada bulan syawal.

DALIL ANJURAN BERPUASA ENAM HARI PADA BULAN SYAWAL

Dalam kitab Riadhus Sholihin di riwayatkan dari Abu Ayyub ra. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

من صام رمضان ثمّ أتبعه ستّا من شوّل, كان كصيام الدهر ( رواه مسلم )

Siapa berpuasa Ramadhan kemudian diiringi enam (hari pada bulan) Syawal, itu (puasa Ramadhan dan 6 hari syawal) sama seperti puasa satu tahun (HR. Muslim No. 1254)

Hadis ini menunjukkan anjuran puasa 6 hari pada bulan syawal, baik secara berurutan atau pun terpisah-pisah. Diriwayatkan  dari Tsauban ra. Dari Nabi SAW. beliau bersabda: “ Siapa berpuasa Ramadhan maka (pahala puasa) bulan ini (dilipatgandakan) sepuluh kali, dan siapa berpuasa 6 hari pada hari-hari berbuka (Syawal), itu (puasa Ramadhan dan 6 hari syawal) adalah puasa satu tahun,”( HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

baca juga ==>KHUTBAH JUM’AT BULAN SYAWAL : Mengambil Pelajaran dari Covid-19

TATA CARA BERPUASA ENAM HARI PADA BULAN SYAWAL

Praktik berpuasa 6 hari di bulan Syawal sama dengan berpuasa di bulan Ramadhan, boleh bersahur dan berhenti sahur saat waktu imsak. Perbedaannya, pada saat melaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawal, boleh dilakukan secara berurutan atau berselang hari yang penting masih di bulan Syawal. Namun apabila merujuk pada firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 133, sebaiknya dilaksanakan sesegera mungkin.

وسارعوا إلى مغفرة من ربكم وجنة عرضها السماوات والأرض أعدت للمتقين

Allah berfirman, “Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”.

Berikut cara melaksanakan puasa Syawal:

  1. Puasa Syawal dilakukan selama 6 hari di bulan Syawal
  2. Lebih utama dilakukan sehari pasca Idul Fitri, namun tidak mengapa bila dilakukan di akhir-akhir bulan Syawal
  3. Lebih utama dilakukan secara berurutan, tetapi tidak mengapa bila dilakukan tidak berurutan
  4. Wajib mengganti puasa terlebih dahulu agar mendapatkan keutamaan puasa Syawal

Niat Puasa Syawal

Niat merupakan salah satu rukun puasa dan ibadah lain pada umumnya. Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW yang menyatakan bahwa segala sesuatu itu bergantung pada niat.

Dilansir dari NU.Online, Berikut ini lafal niat puasa Syawal.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

KEUTAMAAN BERPUASA ENAM HARI PADA BULAN SYAWAL

  1.  Setara Puasa Satu Tahun

Dalam kitab Riadhus Sholihin di riwayatkan dari Abu Ayyub ra. Bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

من صام رمضان ثمّ أتبعه ستّا من شوّل, كان كصيام الدهر ( رواه مسلم )

Siapa berpuasa Ramadhan kemudian diiringi enam (hari pada bulan) Syawal, itu (puasa Ramadhan dan 6 hari syawal) sama seperti puasa satu tahun (HR. Muslim No. 1254)

2.      Menyempurnakan Ibadah

Keutamaan puasa syawal selanjutnya yakni menyempurnakan ibadah. Seperti ibadah salat sunnah, di mana tindakan tersebut bisa menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib. Khususnya kekurangan yang ada selama bulan Ramadhan.

Ibnu Rajab menjelaskan keutamaan puasa Syawal sebagai berikut:

Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barangsiapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barangsiapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan.” (Latho-if Al Ma’arif, hal. 394.)

3.      Tanda Diterimanya Amalan Puasa Ramadhan

Berikutnya, tanda diterimanya amalan puasa Ramadhan menjadi keutamaan puasa Syawal. Dikatakan apabila Allah SWT menerima amalan seseorang, maka Dia akan menunjuki pada amalan selanjutnya.

Jika Allah SWT menerima amalan puasa Ramadhan, maka Dia akan menunjuki amalan lainnya. Di antaranya adalah puasa Syawal enam hari.

4.      Ganjaran 10 Kali Lipat

Menjalani puasa Syawal enam hari dapat membuat kalian diberi ganjaran berupa pahala sepuluh kali lipat. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub yang berbunyi,

“Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas ‘Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat.”

5.      Mendapat Pertolongan Rasulullah

Keutamaan puasa Syawal berikutnya yakni mendapatkan pertolongan dari Rasulullah SAW. Orang yang menjalankan sunnah puasa Syawal, dikatakan akan mendapatkan pertolongan atau syafaat dari Rasulullah SAW. Sebab, orang yang berpuasa Syawal sudah menghidupkan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hadits riwayat At Tirmidzi menyebutkan,

siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga.”

6.      Tanda Peningkatan Iman

Terakhir, keutamaan puasa syawal adalah sebagai tanda peningkatan iman. Orang yang berpuasa Syawal bisa dikatakan bila imannya sebagai seorang muslim atau muslimah telah meningkat. Karena itu lah, bulan ini dikenal sebagai bulan Syawal yang memiliki arti bulan peningkatan.

Penyusun: Syaufan Azizi
Pengajar & Pembina Organisasi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Duripoku
405 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *