Keutamaan Surah Al-Mulk Bagi Pembacanya

Setiap amal mempunyai keutamaan bagi pengamalnya, begitu juga dengan Al-Qur’an setiap surah didalamnya memiliki keutamaan-keutamaan bagi pembacanya.

Seperti surah al-Mulk atau surah tabarok yang letaknya di awal juz 29 yang mempunyai keutamaan seperti yang di jelas dalam beberapa hadis dibawah.

Abu Hurairah رضي الله عنه meriwayatkan, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda : “Di dalam Al-Quran itu terdapat satu surah yang terdiri dari 30 ayat. Surah itu dapat memberi syafaat kepada pembacanya sampai dia diampuni. Surah itu adalah al-Mulk”.

(HR. Abu Dawud)

Abdullah bin Mas’ud رضي الله عنه berkata, _“Orang yang membaca surah al-Mulk setiap malam, Allah pasti akan menyelamatkannya dari siksa kubur.

Pada masa Rasulullah صلى الله عليه وسلم kami menyebutnya dengan istilah Surah Benteng. Surah itu terdapat dalam al-Quran. Orang yang membacanya pada malam hari, dia telah banyak mendapat keuntungan.”

(HR. Nasa’i)

baca juga ==> PINTU MASUKNYA SETAN KE HATI (Bagian Satu)

Abdullah bin Mas’ud رضي الله عنه meriwayatkan, _“Seorang lelaki didatangi oleh malaikat di dalam kuburnya dari arah kaki. Kakinya berkata, ‘Hai malaikat kamu tidak mempunyai jalan masuk dari arahku yang membaca surah al-Mulk.’ Malaikat itu kemudian mendatanginya dari arah dada. Dadanya berkata, ‘Kamu tidak mempunyai jalan masuk dari arahku yang membaca surah al-Mulk.’ Malaikat itu kemudian mencoba mendatanginya dari arah kepala. Kepalanya berkata, ‘Kamu tidak mempunyai jalan masuk dari arahku yang membaca surah al-Mulk.’ Surah al-Mulk merupakan benteng yang dapat membentengi pembacanya dari siksa kubur. Alam kitab Taurat, surah ini juga disebut surah al-Mulk. Orang yang membacanya pada malam hari, dia telah memperkukuh bentengnya dan sangat beruntung.” (HR. Hakim)

Ibnu Abbas رضي الله عنه menceritakan, “Sebagian sahabat membuat tempat persembunyian di bawah tanah. Tanpa sengaja, salah seorang dari mereka telah menggali bekas kuburan orang yang pernah membaca surah al-Mulk. Sahabat itu datang menemui Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan bertanya, ‘Wahai Rasulullah saya menggali tempat persembunyian bawah tanah. Tanpa sengaja yang saya gali ternyata merupakan bekas kuburan orang yang membaca surah al-Mulk.’ Rasulullah صلى الله عليه وسلم kemudian bersabda, ‘Surah itu merupakan benteng dan pembekas yang dapat membebaskan pembacanya dari siksa kubur’.” (HR. Tirmidzi)

Maka kesempatan besar bagi para istri yang mempunyai waktu luang usai sholat isya dirumah, sebelum beranjak dari tempat sholat alangkah beruntungnya orang-orang yang terbiasa membaca surah tabarok ini.

Rabbi Faj’alna Minal Akhyar

Syaufan Azizi

Pengajar & Pembimbing Organisasi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Duripoku

167 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *