PENTINGNYA MENGENAL ORGANISASI

Organisasi akan sangat di butuhkan oleh setiap orang karena di dalam menjalani kehidupan tentu membutuhkan kehidupan yang teratur. punya jadwal kerja, jadwal istirahat, waktu-waktu khusus untuk berjumpa dengan orang lain dan dalam hiduppun perlu sikap yang tepat dan baik agar hubungan dengan orang lain harmonis dan bermanfaat. hal-hal itulah gambaran yang akan di dapatkan dari organisasi di sebuah pendidikan di Pondok pesantren tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa di Kampus. Oleh karena itu tulisan ini sedikit akan menggambarkan apa itu organisasi dan manfaatnya.

PENGERTIAN ORGANISASI??

Organisasi berasal dari kata organ yang dapat di artikan bagian-bagian.

Dalam organisasi bagian-bagian itu berkumpul menjadi satu dalam satu tempat atau satu wadah menjadi sebuah keutuhan satu rasa, satu cita-cita dan satu tujuan. Dalam organ tubuh terdiri dari kepala, mata, telinga, hidung mulut, tangan, perut,kaki dan hati. Kesemua organ itu memiliki fungsi yang berbeda-beda namun tetap dalam satu wadah yang di sebut sebagai manusia.

Manusia dikatakan bermanfaat bilamana semua organ dapat berfungsi dengan baik menjalankan aktivitas masing-masing dengan tepat.

Hati dan otak untuk berfikir sebagai organ yang berfungsi untuk mengatur segela hal yang akan di lakukan oleh organ-organ lainnya, baiknya hati dan jernihnya fikiran akan membuat tindakan yang baik pula.

Sehat otaknya maka selamatlah organ tersebut dari keburukan.

Hitung sebagai alat penciuman agar tubuh dapat membedakan aroma.

Mata sebagai alat melihat untuk menuntun tubuh.

Telinga sebagai alat pendengaran untuk memasukkan informasi ke tubuh yaitu otak..

Tangan sebagai alat untuk melakukan sesuatu yang di kehendaki hati dan fikiran..

Kaki untuk melangkah munuju tujuan yang di inginkan tubuh.

Semua bergerak sesuai fungsi masing-masing sehingga dapat melakukan dan meraih segela sesuatu yang membuat kenyamanan dan keuntungan bersama.

Demikian pula dalam suatu organisasi tujuan berkumpul untuk melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan dan memberi kenyamanan bersama. Ibarat organ-organ dalam tubuh tadi, semua bagian jika melakukan sesuai fungsi masing-masing tentu akan meraih cita-cita bersama yang tentu akan di rasakan oleh setiap individu dalam organisasi itu.

Ketua selaku otak melakukan fungsinya dengan baik dan benar tentu akan membuat pribadinya nyaman, tercapai tujuannya dan mendapatkan manfaat atas usahanya itu, Entah untuk dirinya, orang lain, masadepannya.

Begitu juga dengan bagian-bagian yang lain tentu akan kembali pada diri masing-masing mereka. Bayangkan jika tangan dan kaki tidak melakukan apa yang di inginkan hati dan fikiran hanya ingin menuruti kemauan sendiri untuk berdiam saja tanpa gerakan tentu badan tersebut tidak akan bermanfaat.

Begitu juga bagian pada organisasi yang tidak mau bergerak dan berfungsi tentu di manapun tidak akan mampu memberi manfaat yang besar.

MANFAAT ORGANISASI

Sungguh organisasi itu sebagai tempat melatih diri, mengembangkan kemampuan diri agar menjadi orang yang bermanfaat bagi diri sendiri bahkan orang banyak.

Bukankah cita-cita luhur manusia itu agar bermanfaat, diciptakan agar dapat bermanfaat untuk sesama, dan manusia terbaik diantara kalian adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

خَيْرُكُمْ أَنْفَعُهُمْ لِنَاسِ

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”

Untuk menjadi baik tentu tidak terjadi begitu saja, tidak instan. Semua butuh proses, butuh pembiasaan dan latihan.

Di SMP dan SMA dikenal dengan OSIS yaitu Organisasi Siswa Intra Sekolah. Kenapa demikian tentu karena memiliki ilmu saja tidak cukup untuk bermanfaat. Bukankah ilmu butuh pembuktian dengan perbuatan.

Lalu bagaimana bisa berbuat jika tidak pernah belajar berbuat.

Sesungguhnya organisasi itu tempat latihan berbuat. kebaikan dan kesalahan itulah materi yang ada di dalam organisasi. Semua orang boleh berbuat apa saja di dalam organisasi selama itu manfaat buat ke majuan organisasi. di saat tingkah laku di anggap salah maka itulah salah satu materi pembelajaran pendewasaan hingga ketika salah harus di perbaiki, salah di perbaiki, salah di perbaiki hingga benar-benar baik menjadi pengalaman dalam perubahan diri kedepannya..

Rubahlah pola fikir, tata sikap dan rasakan perubahanya..

Semoga bermanfaat..

 

Oleh : Syaufan Azizi  (Pembina Organisasi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Duripoku)

119 views


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *